Dampak Positif dari Game Online

Ada beberapa dampak positif yang dapat timbul karena bermain game online, di antaranya :
1. Meningkatkan konsentrasi
Beberapa game online menuntut adanya konsentrasi tinggi, artinya seseorang bisa berkonsentrasi pada satu hal yang menurut dia menarik. Para gamers harus menyelesaikan beberapa tugas dalam permainan, mencari celah yang mungkin bisa dilewati, dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi. Dengan melatih daya konsentrasi kita melalui game online, daya konsentrasi kita dalam hal lain pun kemungkinan akan meningkat pula. FYI, bermain game sekitar 20 menit sebelum belajar ternyata dapat memancing konsentrasi dalam belajar loh..
2. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan
Ketika bermain game onlinegamer dituntut untuk memberi respon yang cepat terhadap apa yang dilihatnya di monitor dengan menggunakan tanggannya untuk mengetik di keyboard atau menggerakan mouse. Dengan demikian, koordinasi antara mata dan tangan kita secara tidak langsung dilatih melalui kebiasaan. Ada penelitian yang dilakukan di Manchester University dan Central Lanchashire University yang menyatakan bahwa orang yang bermain game 18 jam seminggu atau sekitar 2,5 jam/hari dapat meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan.
3. Mengembangkan daya berpikir/penalaran
Dalam dunia game onlinegamer akan menemukan banyak hal baru, lawan baru dan taktik yang baru. Gamer dapat secara tidak langsung mengkondisikan dirinya untuk mengetahui keadaan sekitar dan beradaptasi terhadap perkembangan situasi terbaru dari permainan. Dengan bermain game onlinegamer mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, analisis situasi, dan matematika. Selain itu, gamer juga dilatih untuk membuat keputusan lebih cepat. Misalnya, jika gamer bermain game strategi, gamer harus bisa memutuskan dengan cepat, antara menyerang dan bertahan. Jika terlalu lama berpikir, lawan bisa dengan mudah mengalahkannya.
4. Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris
Mayoritas game online didesain berbahasa inggris, sehingga baik cerita, narasi, keterangan, pengaturan, dll dideskripsikan dalam bahasa inggris. Dengan terbiasa menghadapi langsung bahasa inggris dalam game online secara konsisten, maka gamer secara tidak langsung dapat belajar dan melatih kemampuan bahasa inggrisnya. Bahkan dalam game online, gamer pun bisa saling berkomunikasi via chat dengan gamer lain dari berbagai negara. Oleh karena itu, tidak heran jika rata-rata gamers mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik daripada non-gamer.
5. Meningkatkan kemampuan membaca
Psikolog dari Finland Univesity menyatakan bahwa game meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Jadi pendapat yang menyatakan bahwa jenis permainan ini menurunkan tingkat minat baca anak sangat tidak beralasan.
6. Meningkatkan kemampuan mengetik
Dengan bermain game online, kemampuan mengetik sudah pasti meningkat karena ketika bermain, para gamers menggunakan keyboard dan mouse untuk mengendalikan permainan.
7. Meningkatkan pengetahuan tentang komputer
Agar dapat menikmati permainan dengan nyaman dan kualitas gambar yang prima, pemain game online akan berusaha mencari informasi tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat digunakan untuk memainkan game tersebut. Karena merupakan pengguna komputer aktif, maka biasanya mereka juga akan belajar troubleshootingkomputer dan overclocking.
8. Menghibur, mengalihkan perhatian, dan mengurangi stress
Pada dasarnya, game online seperti semua jenis permainan lainnya dibuat untuk menghibur dan sebagai media refreshing. Misalnya ketika stress karena banyak tugas sekolah/kuliah atau jenuh dengan pekerjaan, tentunya dengan bermain game online kita akan menjadi relax kembali dan suasana hati jadi membaik. Selain itu, game online juga bisa mengalihkan perhatian kita dari hal-hal yang tidak menyenangkan. Misalnya anak yang mengalami perawatan seperti kemoterapi dapat mengalihkan rasa sakit dengan bermain game online, tensi darahpun dapat menurun. Game online juga bisa mengalihkan kita dari perasaan bosan, marah, kesal, bad mood, atau sedih.
9. Mendapat teman baru
Ada banyak gamers dari berbagai negara yang bermain game online seperti Dota 2, Warframe, dll. Kadang kita diajak untuk chat, bahkan berkenalan dan melakukan kesepakatan untuk bermain bersama lagi di lain waktu. Dengan demikian, kita bisa menambah pertemanan melalui game.

Dampak Negatif dari Game Online

Adapun beberapa dampak negatif yang dapat timbul karena bermain game online, di antaranya :
1. Membuat kecanduan berlebihan dan Lupa segala hal
Game online membuat kecanduan karena dalam game dituntut untuk melakukan banyak hal agar tidak tertinggal dengan orang lain. Dengan semua tuntutan tersebut, bermain di depan game online biasanya lebih menyita waktu para gamers. Tanpa terasa, mereka akan bermain game online selama berjam-jam bahkan berhari-hari, sulit beranjak dari monitor hingga lupa makan, minum, tidur, apalagi olahraga. Saat masa sekolah dulu, sering banget aku temui teman-teman cowo sekelasku sekolah di pagi hari dengan muka kusut karena begadang di warnet untuk bermain game online, tanpa tidur, makan, apalagi mandi. Yang lebih ekstrem lagi, ada kasus-kasus dimana gamer ditemukan tewas alias meninggal dunia karena bermain game online non-stop (makan dan tidak tidur) selama beberapa hari looh..

Komentar

Postingan Populer